Senin, 24 Desember 2012

Mengapa Hidrogen dalam Atmosfer Kita Sangat Sedikit?


                Hidrogen adalah unsur paling berlimpah di jagad raya dan haruslah melimpah dalam atmosfer selama tahap awal dari revolusi bumi. Hingga kini, atmosfer kita terutama terdiri dari nitrogen dan oksigen. Mengapa atmosfer kita sangat sedikit mengandung oksigen?


          Hidrogen yang ada pada tahap awal evolusi bumi telah lolos ke angkasa luar. Bagaimana hydrogen dapat lolos jika seperti benda-benda lainnya, hydrogen ditarik oleh gaya tarik bumi? Jawabannya didasarkan pada konsep kelajuan lolos. Jika suatu benda sedang bergerak menjauh dari bumi dengan suatu kelajuan yang sama atau lebih besar daripada kelajuan lolos, ia akan meninggalkan bumi dan tidak akan pernah kembali. Kelajuan lolos kira-kira 11 200 m/s, sehingga apabila sebuah molekul hydrogen memiliki kelajuan yang sama atau lebih besar daripada ini, ia akan lolos.
Kelajuan efektif berbanding terbalik dengan akar massa molekul, dan bahwa gas nitrogen (N) memiliki kelajuan efektif 511 m/s pada suhu 20C. Hidrogen (H) memiliki massa molekul kira-kira 14 kali lebih kecil daripada nitrogen, sehingga kelajuan efektif kira kira 14 kali lebih besar atau kira-kira 1 900 m/s. walaupun kelajuan efektif hidrogen hanya 17% dari kelajuan lolos, beberapa molekul bergerak pada kelajuan beberapa kali kelajuan efektif, dan karena itu lolos ke angkasa luar. Dalam 5 miliar tahun atau lebih sejak pembentukan bumi, ada suatu waktu dimana seluruh hydrogen dalam atmosfer lolos ke angkasa luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar.
Kritik dan saran dibutuhkan demi perubahan menuju yang lebih baik lagi.