Rabu, 14 November 2012

Menghilangkan Protect Document di Microsoft Word 2003

            Word 2003 menyediakan fasilitas penyimpanan dengan password agar data terjamin keamanannya. Kendalanya adalah apabila kita lupa dengan password yang kita buat untuk menlindungi data tersebut.
Di bawah ini adalah beberapapetunjuk untuk menghilangkan protect pada dokumen. Beberapa komponen Microsoft Word yang perlu diketahui antara lain:
1.         Tracked Changes
2.         Comment
3.         Filling In Form
4.         No Change (Read Only)
Cara untuk mengetahui Protect documen adalah aktifkan Menu Bar pilih Tools, kemudian klik protect document. Setelah itu, kita juga harus mencheck list pilihan pada protect document tersebut seperti:
1.         Formatting Restrictions
2.         Editting Restrictions
3.         Start Enforcement
Kemudian klik button Yes, Start Enforcing Protection, keluar dari document sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut. Selanjutnya untuk melihat effect dari settingan protect document, kita buka kembali documentnya. Kita bisa melihat apa yang terjadi pada document tersebut.
Pada editting restrictions kita memilih:
1.         Tracked Change, kita masih bisa mengedit document tersebut.
2.         Comment, setiap kata yang diganti akan muncul komentar tentang kata apa saja yang kita hapus.
3.         Filling In Form, maka kata yang terdapat dalam document tersebut hanya bisa dibaca saja, tidak bisa diedit, tidak bisa dicopy dan tidak bisa diapa-apakan.
4.         No Change (Read Only), maka document tersebut hanya bisa dibaca namun tidak bisa di edit tapi masih bisa dicopy.
Permasalahan yang sering terjadi adalah pada no. 3 ,document hanya bisa dibaca tidak bisa diedit, tidak bisa dicopy (ctrl+c), dan tidak bisa diapa-apakan, serta untuk menonaktifkan protect documentnya bila kita lupa password. Langkah yang harus kita lakukan adalah:
1.         Pada menu bar pilih save as.
2.         Pada Save As Type, simpan document dengan type Web Page, atau XML Document.
3.         Setelah di Save As maka tutup document tersebut.
4.         Klik continue, kemudian tutup document tersebut.
5.         Selanjutnya, kita buka kembali document yang telah kita save as dengan type Web Page tadi dengan membukanya di notepad atau open with notepad.
6.         Setelah dibuka dengan notepad akan muncul tampilan sebagai berikut dan cari kata yang mengandung kata protection:
Pada notepad tersebut tekan ctrl+f selanjutnya ketikkan kata protection, (ini hanya untuk memudahkan kita dalam mencari kata protection dalam notepad), selanjutnya klik Find Next.
Maka secara cepat, kita akan menemukan kata protection. Selanjutnya, bagian terpenting dari tahap ini adalah hapus 2 (dua) baris kalimat ini:
Forms
C782CE28
Setelah itu, kita save dan tutup notepad tersebut.
1.         Selanjutnya buka aplikasi Ms. Word, kemudian pilih file. Pilih open pilih file yang kita edit di notepad tersebut, dan hasilnya protection hilang, document terselamatkan dari lupa password.
2.         Jika tampilan lembar kerja word sangat lebar, maka silahkan Anda klik icon kecil di samping kiri paling bawah, pilih Print Layout View.
Jadi, sekarang kita tidak perlu khawatir lagi dengan document word yang tidak dapat diedit dan dicopy karena terproteksi. Bahkan, kita bisa membuka file document orang lain yang proteksinya diaktifkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar.
Kritik dan saran dibutuhkan demi perubahan menuju yang lebih baik lagi.